Sabtu, 06 April 2013

Sukses Membangun Wirausaha

Judul Buku:  Sukses Membangun Wirausaha
Penulis:  Nase, MM
Penerbit:  Mimbar Pustaka Bandung
Cetakan I:  Januari 2013

Tebal:  xii + 315 halaman

BUKAN hal mudah untuk memulai bisnis sendiri, tetapi sebaliknya, juga bukanlah hal sulit untuk dilakukan. Harus diakui, bagi kebanyakan orang, memulai bisnis merupakan hal menakutkan, juga menyeramkan.
Padahal, bila mau jujur, potensi untuk men-jadi pebisnis, pengusaha, atau pun wirausahawan sebenarnya dimiliki setiap orang. Tak peduli dari kalangan berpendidikan tinggi atau rendah, tak masalah dari kalangan orang kaya atau miskin. Semuanya memiliki potensi untuk memulai dan menjalankan bisnisnya. Juga tentunya, berhak un-tuk sukses, dan menjadi pengusaha hebat.
Menjadi seorang wirausahawan yang sukses bukan ditentukan oleh bakat, juga tidak didasar-kan pada garis keturunan. Tapi, semuanya ber-awal dari mimpi dan visi, niat dan tekad, yang kemudian diwujudkan secara nyata di alam kese-hariannya. Ia ubah mimpi besarnya menjadi nyata, ia buktikan niatnya dengan tindakan dan usaha.
Semua orang pasti punya mimpi. Setiap me-lakukan apa pun, sebenarnya kita tengah mewu-judkan mimpi itu. Bagi seorang entrepreneur atau wirausahawan, yang namanya mimpi tak ada habis-nya. Seolah kita adalah sosok yang tidak akan pernah kehabisan mimpi. Apalagi, bila kita termasuk entrepreneur yang kreatif dan inovatif.
Bisnis yang satu maju pesat, bisnis yang lain-nya ikut berkembang. Sementara, bisnis lainnya pun ikut bermunculan. Sehingga, tak terasa atau bagaikan sebuah mimpi, ternyata bisnis kita semakin banyak. Aset yang kita miliki pun kian hari, kian bertambah.
Kalau bisnis kita semakin maju, tentu akan ada percepatan dalam penambahan aset. Bukan tak mungkin, kita akan semakin pintar memutar bisnis kita, bahkan mampu mendatangkan dana dari luar yang nantinya juga akan menjadi aset kita. Itu semua berjalan seiring dengan mimpi atau visi kita sebagai entreprener.
Bila demikian, siapkan Anda untuk memulai usaha sendiri, merintis bisnis guna mewujudkan mimpi-mimpi besar yang selama kita simpan? Lakukan, dan lakukanlah. Mulailah, tak perlu takut atau pun khawatir. Melangkah, adalah kunci awal menuju sukses. Jadi, tunggu apalagi? Mu-lailah, dan lakukanlah dengan baik, insya Allah hasilnya akan mulai terlihat nyata.
Tak tahu ilmunya! Bisa jadi itulah salah satu penyebab kebanyakan orang enggan dan takut terjun melakoni usaha sendiri.  Bila demikian, buku ini sangat penting Anda baca sebagai bekal Anda di dalam memulai dan menjalankan bisnis. Banyak hal yang diungkap dalam buku ini, yang akan banyak membantu Anda untuk menjadi pengusaha yang sukses, dan wirausahawan yang andal. Insya Allah, akan bermanfaat. Semoga. [] EMH