Rabu, 17 April 2013

Kupas Tuntas Kode Etik Jurnalistik


Judul          : Cara Mudah Memahami Kode Etik Jurnalistik & Dewan Pers
Penulis       : Wina Armada Sukardi
Penerbit      : Dewan Pers, Jakarta
Tebal          : xxi+134 halaman
Cetakan     : I/Nopember 2008
DALAM dunia pers, istilah Kode Etik Jurnalistik tergolong istilah yang paling sering disebut. Bahkan mungkin jadi, termasuk istilah yang paling banyak dibicarakan. Namun anehnya, juga termasuk istilah yang paling banyak tidak dimengerti. Tidak saja oleh masyarakat luas, tapi juga para insan pers itu sendiri.

Realitas itu memang nyata adanya. Karenanya, tidaklah mengherankan bila kemudian Kode Etik Jurnalistik susah dimengerti dan kerap salah dipahami.  Buku ini tentunya akan sangat membantu untuk memahami secara benar dan tepat tentang apa itu Kode Etik Jurnalistik, bukan hanya maknanya, tetapi juga banyak hal yang terkait dengan yang satu ini.   
Untuk memahami Kode Etik Jurnalistik, buku karya Wina Armada Sukardi ini jelas penting dibaca, bukan hanya oleh para insan pers, tetapi juga kalangan luas. Terlebih mereka yang kerap memiliki hubungan intens dengan dunia pers, baik itu pejabat atau birokrat, humas, praktisi hukum, pengusaha, akademisi, juga lainnya.
Buku yang diterbitkan Dewan Pers ini mengungkap Kode Etik Jurnalistik secara lengkap, dan dikemas menarik dalam bentuk tanya-jawab. Tujuannya tentu agar lebih mudah dipahami, dan gampang dicerna.  
Buku yang diterbitkan Dewan Pers ini, bukan hanya menjelaskan pengertian, dan proses lahirnya Kode Etik Jurnalistik, tetapi jauh lebih dalam lagi. Termasuk pemecahan terhadap problem etika jurnalistik yang ada.  Itulah sebabnya, buku ini dapat dijadikan salah satu buku utama dalam memahami Kode Etik Jurnalistik.a [] Enjang Muhaemin