Jumat, 26 April 2013

Buat Pemula yang Menyukai Dunia Jurnalistik

Judul        : Pengantar Ilmu Jurnalistik
Penulis     : Dr. Dede Mulkan
Tahun       : Februari 2013
Tebal        : vi + 240 halaman
Penerbit   : Arsad Press, Bandung
  
Jurnalistik yang intinya mencari, menggali, mengumpulkan, dan menyebarkan informasi merupakan profesi yang sangat terbuka. Tidak hanya dari lulusan Ilmu Jurnalistik, dari jurusan lain pun bisa menjadi jurnalis handal. Terlebih lagi dengan adanya tawaran dari lembaga pelatihan jurnalistik, dan ketersediaan media sosial yang memudahkan siapa pun menjadi jurnalis dalam waktu singkat.

Namun begitu, menjadi seorang jurnalis tetap harus memahami ilmunya. Tidak bisa sembarangan. Tanpa menguasainya, bisa fatal akibatnya. Bila saja melakukan kesalahan, yang terjadi bukan hanya berisiko pada dirinya, tapi bisa bisa menyesatkan publik. Dalam konteks inilah ilmu jurnalistik penting dikuasai.

Mengapa penting? Karena di dalamnya ada ilmu, prinsip, kaidah, dan kode etik yang mutlak dikuasai dan dijadikan pedoman utama seorang jurnalis.

Kehadiran buku ini tentunya akan sangat membantu siapa pun yang ingin mengetahui lebih jauh dan detil dunia jurnalistik. Buku yang ditulis seorang ahli di bidangnya ini, telah memberi pencerahan, sekaligus pedoman dasar, baik bagi yang kuliah di jurnalistik maupun mereka yang ingin belajar tentang jurnalistik.

Dengan ringan, buku ini menyajikan materi-materi mulai dari konsep, landasan ilmiah, sampai praktik, yang membuat buku ini layak dijadikan sumber oleh siapa pun yang ingin jago dalam urusan jurnalistik. [] Encep Dulwahab