Jumat, 19 April 2013

Panduan Praktis Jurnalistik Online


Judul        : Jurnalisme Online, Panduan Praktis Mengelola Media Online
Penulis     : Asep Syamsul M. Romli
Penerbit   : Nuansa Cendekia, Bandung
Tebal        : 127 halaman
Cetakan   : I/Nopember 2012
MEDIA massa berbasis web atau dikenal dengan sebutan media online kian fenomenal. Di berbagai negara, media yang satu ini tengah menunjukkan perkembangannya yang luar biasa. Termasuk di Indonesia. Luar biasa, dan nyaris di luar dugaan. Jumlahnya terus bertambah, dan akan terus bertambah.

Bahkan berbagai media massa yang telah ada, baik cetak maupun elektronik juga seakan tak mau ketinggalan. Mereka beramai-ramai melengkapi dirinya dengan media versi onlinenya. Ini nyata adanya, dan tak bisa terpungkiri.
Sebutan lain media online adalah media siber (cybermedia). Dewan Pers, melalui Pedoman Pemberitaan Media Siber, memaknai media siber sebagai “Segala bentuk media yang menggunakan wahana internet dan melaksanakan kegiatan jurnalistik, serta memenuhi persyaratan Undang-Undang Pers dan Standar Perusahaan Pers yang ditetapkan Dewan Pers.”
Berita media massa online, merupakan produk jurnalistik online. Jurnalistik online sendiri dapat diartikan sebagai pelaporan wartawan tentang fakta sebuah peristiwa atau  pendapat narasumber tentang suatu hal, yang diproduksi dan didistribusikan melalui internet.
Di tengah kian pesatnya perkembangan media online, tentunya buku panduan jurnalistik online menjadi sangat penting adanya. Bukan sekadar untuk memudahkan, tetapi juga menjadi standar rujukan di dalam proses kerja jurnalistik online. Baik itu di dalam menggali, menulis, maupun menyebarkan berita, yang sejatinya harus bersandar pada kode etik.
Buku Jurnalistik Online karya Asep Syamsul M. Romli ini, jelas sangat penting. Selain berisi panduan praktis di dalam melakukan kerja jurnalistik online, juga dilengkapi dengan kiat blogging, teknik SEO, strategi media sosial, dan metode kerja citizen journalism.
Buku ini menjadi bacaan penting para mahasiswa jurnalistik, praktisi media online, blogger, kalangan humas instansi/perusahaan, kalangan internet marketter, dan siapa pun yang ingin mendalami media internet. [] Enjang Muhaemin

4 komentar:

  1. Dosen Jurnalistik UIN Bandung Emang Keren Yahhh^_^

    BalasHapus
  2. Bukunya ada di Gramedia nggak pak?

    BalasHapus
  3. Kintun-kintun pangaosna sabaraha pa?

    BalasHapus