Rabu, 10 April 2013

Enjang Muhaemin


PRIA kelahiran Ciamis 6 Juni 1968 ini adalah dosen jurnalistik di Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN SGD Bandung. Di kampusnya, mengampu mata kuliah Depth Reporting, Penulisan Berita, Teknik Wawancara, Manajemen Pers Dakwah, dan Bahasa Jurnalistik.  

Enjang lumayan lama berkecimpung di dunia media, khususnya media cetak. Di antaranya, Majalah Mangle, HU Suara Publik, Majalah Islam Kiblat Umat, Tabloid BeSAR, Media Publik, Majalah Nurani Umat, dan Majalah Perbankan Warta Ekuitas. Dari mulai posisi wartawan, redaktur, hingga redaktur pelaksana. Bersama rekan-rekannya, sempat membidani kelahiran beberapa media cetak.
Belakangan, ia pun berkecimpung di media online sebagai Pemimpin Redaksi BandungOke.com dan SuaraPublikOnline.com. Maret 2013 bersama rekan-rekannya membidani lahirnya BandungOkeTV.com.   
Karena kesibukannya, lulusan S2 Pascasarjana UIN SGD Bandung ini, kini terbilang langka menulis di media. Padahal, tahun 1990-2000-an, tergolong cukup aktif menulis seperti di HU Pikiran Rakyat, Pelita, Harian Terbit, Republika, Bandung Pos, Merdeka, Gala, Mandala,  Majalah Al-Muslimun, Media Pembinaan, Risalah, dan lainnya.
Di fesbuk, Enjang juga menjadi admin beberapa grup di antaranya seperti Studi Jurnalistik, Dunia Wartawan,  Dunia Dakwah, dan Generasi Anak cerdas. Di dunia maya ini, ia juga memiliki beberapa weblog. Dua di antaranya Studi Kajian Media  dan Studi Keislaman “Semua ini didedikasikan demi kepentingan dan kemaslatan bersama. Semoga saja ada manfaatnya,” ujar penyunting sejumlah buku ini.
Selain aktif mengisi pelatihan, seminar, dan diskusi ilmiah lainnya, Enjang juga telah menerbitkan beberapa buku: 1. Perubahan dalam Perspektif Alqur’an; 2. Islam di Uzbekistan; 3. Memahami Korelasi Ilmu dan Bahasa; 4 Ilmu Munasabah, antara Korelasi dan Relevansi; 5. Konsep Dasar Teori Ilmu Sosial dan Perubahan; 6. Al-Ghazali Versus Ibnu Rusdy Sebuah “Perang” Pemikiran; 7. Teori-Teori Perubahan Sosial; 8. Depth Reporting, Merekam Jejak yang Tersamar; 9. Melawan Hegemoni Media (Ditulis bersama Dono Darsono & Encep Dulwahab). [] Ridwan