Sabtu, 06 April 2013

Menggali dan Menulis Berita Mendalam

Judul:  Depth Reporting, Merekam Jejak yang Tersamar
Penulis: Enjang Muhaemin
Cetakan I: Oktober 2012
Tebal : xvi + 133 halaman
DIBANDING ulasan dan kajian Inverstigative Reporting, telaah seputar Depth Reporting (Pelaporan Mendalam) dalam khazanah buku-buku jurnalistik terbitan Indonesia, sepengetahuan penulis, belumlah memadai. Masih terbatas, ringkas, dan di atas permukaan. Belum mendalam, juga tidak menukik pada fokus kajian yang semestinya.   

Padahal, kita tahu, berita produk Depth Reporting, di negeri kita, jauh lebih berlimpah dibandingkan dengan hasil Investigative Reporting. Apa yang menjadi akar persoalannya? Entahlah, penulis tidak tahu pasti. Mungkin karena kesulitan buku-buku rujukan, mungkin juga karena hal lain. Namun yang pasti, hingga saat ini, penulis pun masih kesulitan untuk mencari buku-buku jurnalistik yang mengulas secara mendalam terkait dengan Depth Reporting.
Buku ini, terus terang, dirancang selain untuk membantu para mahasiswa jurnalistik yang memiliki minat besar dalam memahami Depth Reporting, juga terlebih khusus untuk ‘memancing’ para praktisi media dan pakar jurnalistik untuk menulis lebih mendalam tentang Depth Reporting. Karenanya, tidak perlu heran, bila buku ini tidak ditulis dengan ulasan dan uraian lengkap dari A hingga Z. Hanya sedikit dari sekian ba-nyak yang harus dipaparkan dan dijelaskan.
Ada banyak hal yang sesungguhnya ingin ditulis dalam buku ini. Namun, menimbang kebutuhan mendesak akan pentingnya panduan awal bagi mata kuliah Pelaporan Mendalam atau depth reporting, maka jadilah buku ini. Tapi, insya Allah, ke depan dalam edisi revisi akan diupayakan untuk lebih lengkap, mendalam, dan komprehensif, sehingga bisa menjadi panduan lengkap yang mumpuni. [] Enjang Muhaemin